Suka Streaming Musik di Joox Tapi Takut Boros Kuota? Begini Cara Atasinya

Dalam postingan ini saya bakal menjabarkan beberapa tutorial untuk menghemat kuota Joox walau tak jarang streaming. Semua trik berikut ini tak melibatkan software pihak ketiga (tanpa aplikasi), melainkan murni mekegunaaankan fitur-fitur yang ada di Joox.

Selain itu ada berbagai info penting yang nyatanya berpengaruh pada konsumsi kuota internet tanpa kalian sadari. Nah penasaran gimana cara menghemat kuota walau sering streaming musik di joox? Kuy, simak beberapa tipsnya dibawah ini.

Suka Streaming Musik di Joox Tapi Takut Boros Kuota? Begini Cara Atasinya

5 Tips Hemat Kuota Joox Meski Sering Streaming

Atur nilai streaming ke Medium, itu telah cukup!

Ada tak sedikit blog yang menyarankan untuk mengatur nilai lagu ke Low (Standard) supaya kuota lebih hemat. Tetapi saya lebih merekomendasikan memakai nilai Medium. Sebab, pada level ini, detil lagu lebih terasa, instrumen lebih jelas, dan lebih minim bakal noise.

Saya telah menyinggungnya di postingan mengenai perbandingan nilai suara di Joox.

Meski ukurannya relatif lebih besar daripada versi Low, versi Medium memberbagi pengalaman mendengarkan musik yang lebih imersif, tak menyiksa telinga, dan pantas di dengar.

Untuk mengatur nilai streaming di Joox dengan cara otomatis ke Medium, berikut panduannya.

Tap ikon gambar profil kalian di pojok kiri atas
Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan (Settings)
Tap Nilai Streaming (Streaming Quality)
Pilih alternatif Medium

Hindari streaming sambil download lagu sebab bakal jadi lebih boros

Tahukah kalian bahwa alternatif streaming dan download diwakili oleh file lagu yang tak sama?

Apabila kalian perhatikan lebih detil, file lagu ketika streaming relatif lebih kecil dibanding saat kalian memilih alternatif download.

Mengapa dapat demikian? Butuh kalian ketahui bahwa file streaming telah dikompres lebih dahulu jadi menjadi lebih kecil. Lantas, saat kalian download lagu yang sedang diputar, Joox bakal mengirimkan kalian file yang tak sama dari sisi ukuran. Jadi, asumsi bahwa streaming + download = download merupakan salah.

Maka dari itu, apabila kalian sedang streaming, lumayan streaming saja. Tak butuh perbuat proses download sebab itu hanya buang-buang kuota.

Aktifkan fitur cache ketika streaming

Cache merupakan data dari internet yang disimpan dalam perangkat pemakai supaya saat diakses kembali dapat diberbagi lebih cepat dan ekonomis data. Joox mempunyai alternatif untuk mengaktifkan cache saat streaming musik. Pastikan kalian telah memakai fitur ini.

Berikut tutorial mengaktifkan cache di Joox:
  1. Tap ikon gambar profil kalian di pojok kiri atas
  2. Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan (Settings)
  3. Aktifkan Auto Cache Lagu Terbaru (Auto Cache Recently Played)
Dengan demikian, saat ada lagu yang telah diputar sebelumnya kemudian diputar lagi, jumlah kuota yang dikonsumsi menjadi minimal.

Dengan cara ini bahkan kalian bisa mendengarkan JOOX Offline karena lagu sudah disimpan di penyimpanan lokal dalam bentuk cache. Menarik bukan?

Hanya download lagu apabila kalian sedang memakai WiFi

Saya rasa sebagian besar dari pembaca telah tahu, tapi saya masih cantumkan kembali sebagai pengingat. Di samping itu, nilai lagu juga sangat mempengaruhi ukuran file.

Berikut tabel perbandingan ukuran antara Low, Medium, High, dan Hi-Fi.
  • Nilai Ukuran Perangkat audio minimal yang disarankan
  • Low 1-2 MB Standard earphone
  • Medium 3-4 MB Standard earphone
  • High (HQ) 7-10 MB Quality headphones, external speaker
  • Hi-Fi 20-30 MB Hi-Fi System, premium headphones
Selain itu, butuh dicatat bahwa tak semua perangkat audio sanggup menangani nilai musik tinggi. Bakal percuma apabila kalian download Hi-Fi tetapi memakai budget headphones. Pilihlah nilai musik berdasarkan performa perangkat audio.

Memakai VIP nyatanya juga dapat menghemat kuota

Tanpa bermaksud mempromosikan layanan VIP Joox, tetapi faktanya tutorial ini dengan cara manjur sanggup menghemat kuota internet dengan cara signifikan. Bagaimana tidak, kalian mempunyai keleluasaan untuk memutar audio bernilai tinggi offline dan leluasa dari iklan.

Iklan biasanya ditempatkan saat kalian berganti lagu. Sebab iklan juga tergolong ke dalam konten audio, maka ada data tambahan yang butuh didownload setiap kali streaming musik.

Tidak wajib beli. Kalian dapat mekegunaaankan alternatif Music Sharing alias Watching Video untuk memperoleh layanan VIP dalam jangka waktu tertentu. Tap menu Beli VIP (Purchase VIP) untuk menonton apa saja VIP gratis yang terdapat.