10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Play Android

Android adalah salah satu sistem operasi yang sangat terkenal dengan jutaan pemakai di seluruh dunia. Device dengan OS Android di sebut dengan device android. Bisa di katakan android saat ini menguasi segmen pasar di seluruh dunia, jumlah pemakainya melonjak tajam di tahun 2010 ke atas.


Mungkin bagi agan yang telah memegang device sejak tahun 2000-an serta telah mencoba beberapa sistem operasi bakal berbicara apabila OS Android lah yang paling baik.

Google Play Store menyediakan software dari beberapa developer di seluruh dunia, pasti software ini sangat di butuhkan serta apabila ada persoalan dengan software ini, kami tak bisa mengunduh alias mengupdate software yang di inginkan.

Terbukti jarang sekali software ini error, tetapi dalam beberapa permasalahan, juga tak jarang terjadi error semacam tak bisa download, download yang pending alias terhenti di tengah-tengah. Bahkan terkadang proses tiba-tiba berakhir tetapi tak ada software yang terinstall. Saya sendiri mempunyai beberapa pengalaman tentang software Google Play Store ini.

Apabila agan saat ini sedang mengalami persoalan semacam di atas alias lebih cocoknya tak bisa download, mungkin di sebebkan oleh beberapa hal. Kenapa tak bisa download? mungkin ini beberapa penyebabnya.

Bagaimana Tutorial Menanggulangi Google Play Store Error Tak Bisa Download ?

1. Restart Device Agan

Langkah pertama yang butuh di ambil adalah restart telebih dahulu device agan, bisa jadi playstore error sebab sesuatu faktor yang bisa di atasi hanya dengan me-restart device. Dengan me-restart device, internet data agan juga ikut terestart jadi agan bisa mencoba untuk mengunduh software di Playstore.

Apabila seusai di restart tetap belum bisa maka coba perbuat reboot device ada. Matikan device untuk beberapa hari, ya paling tak kurang lebih 30 menitan. Nasibkan kembali serta cek apakah Google Play Store telah bermanfaat kembali.

2. Cek Koneksi Internet

Tanpa koneksi internet agan jelas tak bisa mengunduh software di google play store. Sebelumnya cek dahulu bagaimana koneksi internet agan. Apabila agan yakin koneksi internet lancar tetapi tetap tak bisa download, agan bisa mengganti jasa provider internet agan.

Misal sebelumnya Indosat, ganti ke Telkomsel alias sebaliknya. Apabila agan memakai wifi, cek lagi apakah wifi tak ada persoalan. Coba matikan wifi serta gunakan data seluler masing-masing.

Selain itu agan juga bisa untuk setting APN ( Access Point Network ), bisa jadi APN agan yang berpersoalan, coba cek kembali di pengaturan jaringan. Ganti APN staganr sesuai provider masing-masing. Tidak hanya itu pastikan agan berada di jangkauan jaringan yang cocok, apabila di tempat agan mendukung 4G, aktifkan 4G tersebut supaya internet agan cepat.

3. Cek Memori Penyimpanan

Tidak sedikit orang yang tak sadar apabila memori penyimpanan telah habis. Kami wajib tahu apabila dalam device ada penyimpanan internal serta ekternal. Nah penyimpanan internal inilah tempat untuk menyimpan software yang kami download di playstore. Cek terlebih dahulu memori internal, paling tak sisakan ruangan yang lebih besar dari software yang ingin di unduh.

4. Hapus File Cache

Memori penyimpanan tak hanya penuh dengan software yang terinstall, tetapi juga dengan file sementara yang mungkin telah tak di butuhkan. Jadi agan butuh menghilangkan file cache ini untuk memberbagi ruang penyimpanan yang lebih luas serta juga supaya device agan tak lemot. Untuk menghilangkan cache bisa di perbuat dengan software pihak ketiga semacam Clean Master, CCleaner serta lain tetap tak sedikit software lainnya.

5. Hapus Cache serta Data Google Play Store

Apabila tak bisa download sebab software Google Play Store yang error semisal error 403, 492 serta lain sebagainya, maka kami butuh menghilangkan cache alias bahkan data di software Google Play Store. Dengan menghilangkan data berarti agan bakal kehilangan semua history, basis data beserta cache di software Google Play Store.

Caranya sangat mudah di terapkan, masuk saja ke pengaturan serta masuk ke software, pilih Google Play Store lalu hapus data Google Play Store. Seusai sukses agan bisa buka kembali softwarenya serta login kembali dengan akun yang sebelumnya. Kini coba untuk download software.

6. Install Ulang Google Play Store

Apabila data cache telah di hapus tetapi hasilnya tetap sama saja, mungkin penyebabnya adalah software Google Play Store yang berpersoalan serta butuh perbuatan install ulang untuk menanggulanginya. Silahkan baca ulasan berikut ini Tutorial Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus/Error di Android

7. Batalkan Proses Update alias Download

Apabila terbukti tak bisa download alias update software, sebaiknya agan batalkan saja prosesnya. Silahkan masuk ke Playstore >> Software & Game Saya serta Batalkan Proses Download alias Update. Supaya tak terjadi persoalan di kemudian hari semacam download serta update otomatis, matikan saja update otomatis di setelan Playstore.

8. Uninstall Update Google Play Store

Apabila agan sempat mengupadte software Google Play Store maka bisa mencoba untuk menguninstall updatenya. Tenang ini tak menghilangkan softwarenya, hanya menghilangkan updatenya. Caranya sangat mudah, masuk ke Pengaturan >> Software >> Google Play Store serta Uninstall Update. Seusai itu restart serta kini software Google Play Store agan telah kembali semacam saat device tetap baru.

9. Aktifkan Download Manager

Apabila tetap berpersoalan bisa jadi sebab pengaturan download yang salah. Silahkan di aktifkan dengan tutorial masuk ke Pengaturan >> Software >> Download Manager lalu ganti menjadi Enable. Mungkin di beberapa device pengaturan ini tak di temukan.

10. Ganti ROM agan

Mengganti ROM adalah solusi terbaru apabila semua solusi di atas tak bisa. Silahkan Flashing ROM agan, usahakan pekerjaan ini serahkan terhadap ahlinya. Dengan mengganti ROM pasti semua data di dalam device bakal hilang serta kembali semacam baru. Pasti segala resiko di tanggung agan sendiri ya.